Minggu, 01 Juni 2014

Pulau Sempu

Sempu Island / Pulau Sempu


Menurut Wikipedia, Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan pulau jawa, pulau ini berada diwilayah kabupaten Malang, Jawa Timur. serta Pulau Sempu merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Kira-kira disini letak menurut Peta. 



Flashback dari Perjalanan saya bersama teman-teman KIMO COMUNITY di Gunung Bromo pekan lalu, akhirnya setelah perjalanan tersebut, kita langsung menuju Pulau Sempu dikabupaten Malang, Jawa Timur. jadi, dari pemukiman Kaki gunung bromo. kita langsung dijemput oleh supir Jetbus yang telah sebelumnya mengantar kita ke gunung bromo untuk melanjutkan perjalanan ke Pulau Sempu. Yup, Berangkat pukul 10:00 WIB dari kabupaten Probolinggo dan tiba sore hari pukul 17:00 WIB di kabupaten Malang, kita sempatkan sebelum ketempat tujuan untuk mencicipi makanan khas malang, yaitu bakso malang president, bakso yang nikmat serta view yang sedikit nyeleneh samping rel kereta api. jadi selama kita menikmati bakso tersebut, kereta api dengan kencang melewati samping rumah makan bakso tersebut. hahaa, pemandangan yang jarang sekali ditemui.  dan untuk cost sewa jetbus dari bromo ke pulau sempu dan stasiun malang sekitar Rp. 160.000,-. Nih Tempat President Bakso di Malang




Kalau teman-teman dari jakarta atau sekitarnya ingin langsung backpacker ke Pulau Sempu bisa menggunakan jasa Kereta Api dari jakarta menuju Stasiun Malang dengan harga berkisar Rp.50.000,- sd 200.000,- untuk kelas Ekonomi AC. Info lengkap pemesanan tiket KA bisa cek disini :

Setiba di Sendang Biru, perbatasan pulau Sempu, kita menyebrang pulau tersebut menggunakan perahu nelayan yang banyak disewakan untuk berwisata kepulau tersebut beserta Guide untuk mengawal kita melewati hutan konservasi dipulau tersebut. cost untuk menyeberang sekitar Rp. 100.000,- tapi karena kita tiba terlalu sore, costnya jadi lebih besar yaitu Rp. 150.000,- dan untuk menyewa Guide adalah Rp. 250.000,-

Berhubung kita tiba terlalu sore, yaitu sekitar pukul 17:00 WIB, kita sedikit kesusahan mencari Guide, karena didaerah tersebut diwaktu sore seperti itu sangat susah dan jarang yang mau menemani. tapi atas ijin yang diatas, dan beserta tekad kuat dari kita, akhirnya kita menemukan orang yang bisa diajak untuk melanjutkan perjalanan kita menuju tempat tersebut. 

Senjapun tiba, matahari semakin terlelap, dan kita berjalan bersama dikegelapan hutan selama kurang lebih 2 jam dengan trek yang cukup menguras tenaga. akar-akar pohon yang besar serta tanah yang basah dan licin hampir sering kita temui sepanjang perjalanan. disuasana seperti ini, sangat sulit bagi saya mengabadikan moment tersebut karena stamina dan tenaga yang cukup terkuras. alhasil, tak ada sesi foto pada malam itu.

Langkah demi langkah kita lewati, sampai pada akhirnya suara angin berhembus serta air yang tertiup angin memacu naluri kita untuk menandakan bahwa penantian kita akan berakhir walau mata tak jelas memandang karena hanya bercahayakan senter seadanya. 

dan akhirnya kita tiba di spot yang dicari sekitar pukul 22:00 WIB, fiuuuhh.. bayangkan, coba bayangkan, kita berjalan menerobos hutan dimalam hari selama 2 jam lebih, luar binasaaaa bukan??? hahahaa... bergegas pasang tenda, perapian, makanan seadanya. lalu sejenak bercengkrama dan bercerita bersama teman-teman, dan akhirnya kita smua tidur terlelap ditenda yang telah dipasang sebelumnya. mimpi indah beiby. :P

Pagi telah tiba, keindahan Pulau Sempu terlihat jelassss, Pasir Coklat muda yang lebut, serta hempasan ombak dibatu karang dari laut lepas samudra hindia memanjakan indra pengelihatan saya. tak perlu waktu lama untuk saya mulai mengabadikannya. 
















dan ini tampang-tampang mereka yang sangat menikmati perjalanan ini. cheers guysssss.. :D

















 hehee,,, amaiiiziing bukan?? pastinya dong. yup, sepertinya enggan sekali rasanya kita untuk meninggalkan Pulau Sempu dan harus segera pulang menuju jakarta, hiks. Prepare perlengkapan, bungkus dan foto narsis lagi sebelum berjalan menuju hutan. 






bergegas meninggalkan pulau sempu dipagi hari, akhirnya saya bisa melihat dengan jelas perjalanan yang semalam baru saya tempuh bersama teman-teman. hufff,, geleng-geleng kepala sodara. hahaaa.

inilah trek perjalanan menuju sempu
















jangan Lupa untuk istirahat Sejenak kawan. :)















Tetap Ceria bukan?? yup, perjalanan ini sungguh sangat mengasikan dan melelahkan. setelah melewati hutan, tak lupa menyebrang dengan perahu yang telah tersedia. tidak lupa juga untuk bernarsis RIA. hehehe


























Perlengkapan yang harus disiapkan adalah :
1. Tenda
2. Sleeping bag
3. Perapian
4. Makanan yang mudah dimasak (indomie, sosis, kornet dll)
5. Air Minum (penting), karena disekitar spot tersebut, tidak ditemukan air payau. kebayangkan semaleman ga minum air? so, prepare this equipment for your trip. 

jetbus beserta pak supir telah menunggu kedatangan kita, siap-siap, bergegas dan tiba distasiun Malang untuk menuju jakarta. dan tak lupa membeli oleh-oleh khas malang. 



Yup, Demikian Perjalanan saya bersama teman-teman KIMO Comunity menuju Pulau Sempu, Perjalanan yang menyenangkan, menyegarkan, melelahkan dan pasti akan sangat berkesan bagi saya. cup cup muaaaaaaaaahhh

Semoga info trip saya bisa bermanfaat dan memudahkan kalian untuk berwisata ke Pulau Sempu. tetap pelihara kelestarian kekayaan Indonesia dan sampai jumpa lagi diperjalanan saya selanjutnya. Thanks Guysssssssss... 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar